Diabetes Adalah Penyakit Kedua Paling Banyak Diderita di Indonesia

Sudahkan Anda mengetahui jika penyakit diabetes adalah 1 dari 10 penyakit yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia. Penyakit diabetes ini menempati urutan ke 2 setelah penyakit jantung koroner. Penyakit diabetes ini disebabkan karena meningkatnya jumlah kadar gula dalam darah yang diakibatkan karena metabolism tubuh yang tidak normal atau terganggu. Penyebab penyakit diabetes ini sangat beragam, seperti adanya faktor keturunan dari anggota keluarga yang juga mengidap diabetes, sering mengalami stres, tubuh yang obesitas, kurangnya aktivitas olahraga, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol, serta resiko diabetes di usia di atas 40 tahun. Orang yang menderita diabetes, maka tubuhnya tidak mampu untuk menghasilkan insulin atau pun produksi insulinnya kurang, atau bahkan insulin yang dihasilkan tidak bisa berfungsi dengan baik sebagaimana seharusnya.  Padahal fungsi dari insulin dalam tubuh ini sangat penting, karena ia akan mengatur gula yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu apabila insulin dalam tubuh Anda tidak bisa berfungsi dengan baik maka akan mengakibatkan kadar gula dalam tubuh menjadi tidak stabil dimana akan mengakibatkan munculnya penyakit diabetes.

Pengobatan Penyakit Diabetes Adalah Sebagai Berikut

Bagi Anda yang telah mengidap penyakit diabetes, maka tentunya Anda harus mendapatkan pengobatan dengan benar agar tidak memperparah keadaan Anda. Kini sudah banyak sekali tersedia berbagai pengobatan yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda masing – masing. Anda harus jeli ketika mengonsumsi linkvazi obat diabetes melitus linkvazi, karena obat diabetes melitus ini harus dikonsumsi dengan pengawasan dokter. Namun, pada umumnya pengobatan yang diberikan untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut ini:

  • Diabetes melitus tipe 2 diberikan pengobatan yang terdiri dari perawatan diri berupa latihan fisik berupa olahraga, keharusan untuk menurunkan berat badan dengan pemberlakuan diet diabetik dan serat pangan yang sebelumnya sudah diprogram berdasarkan hasil dari konseling gizi, menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu, juga akan mendapatkan obat antidiabetes dan terapi insulin.
  • Diabetes melitus tipe 1 akan mendapatkan pengobatan dengan insulin yang bertujuan untuk menjaga agar kadar gula darah tetap berada pada ambang normal. Pasien akan dipantau secara rutin dan diberikan insulin secara rutin pula. Pasien juga harus mengikuti program diet dan olahraga. Diet yang dijalankan haruslah berdasarkan keputusan dari konseling gizi yang memperhitungkan asupan karbohidrat. Selain itu pasien juga harus rutin untuk melaksanakan aktivitas fisik.
  • Prediabetes dimana akan berkembang menuju diabetes tipe 2 ini sudah tidak bisa dihindari. Maka dari itu Anda harus bisa mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Jika Anda memiliki berat badan yang tidak ideal, maka Anda hrus menurunkan berat badan Anda. Anda juga harus mengonsumsi beberapa obat – obatan agar kadar gula darah Anda bisa tetap normal.
  • Diabetes kehamilan ini akan dipantau kadar gula hariannya, sehingga mengharuskan Anda untuk melaksanakan diet sehat dan olahraga rutin. Bayi di dalam kandungan pun juga harus dipantau secara berkala. Apabila kadar gula darah Anda tinggi, maka Anda harus mengonsumsi obat berdasarkan pengawasan dokter, biasanya Anda akan diberikan obat antidiabetes dan insulin.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Adalah Dengan Cara Berikut Ini

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka dari itu sebelum Anda terkena penyakit diabetes, maka alangkah lebih bijak jika Anda berusaha untuk mencegah penyakit diabetes ini. Agar Anda bisa mencegah penyakit diabetes, maka cara – cara yang harus Anda lakukan agar terhindar dari diabetes adalah dengan mengurangi makanan berlemak, mengurangi makanan dan minuman manis, mengurangi jumlah porsi makan, rajin berolahraga, perbanyak konsumsi sayuran, menghindari stress, serta istrahat yang cukup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *