Struktur Artikel, Kunci Membuat Tulisan Enak Dibaca

Apa yang pertama terlintas di benak anda ketika mendengar kata penulis? Banyak orang yang langsung beranggapan pasti seorang penulis berkacamata tebal, mengurung diri di rumah, kerjanya hanya menghadap laptop saja. Ditambah lagi penghasilannya pas-pasan atau bahkan tidak tetap. Asal anda tahu, anggapan orang awam tersebut sama sekali tidak benar. Menjadi penulis adalah profesi yang independen. Banyak sekali peluang yang bisa anda dapatkan dari menjadi seorang penuli. Misalnya, jasa penulis artikel masih merekrut banyak orang baru. Peluang-peluang seperti ini yang nantinya bisa mengantarkan anda pada kesuksesan. Karena setiap orang menuai apa yang dia tanam. Mulailah dengan mindset, menulis itu menyenangkan. Menulis adalah proses kreatif menuangkan pikiran ke dalam bentuk tulisan sehingga bisa dibaca setiap orang. Tidak semua orang diberkahi bakat menulis. Menulis tidaklah sembarangan mengetik, tapi ada tekniknya. Apakah pernah terlintas di benak anda bagaimana menjadi penulis yang baik? Jika anda senang menggeluti dunia tulis menulis namun tidak puas dengan karya anda, pernahkan anda bertanya bagaimana menjadi penulis yang tulisannya mampu menyentuh bahkan menggerakkan hati seseorang? Untuk membuat artikel yang baik, anda harus mengetahui cara membuat struktur artikel yang benar. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba untuk meningkatkan kualitas tulisan.

Kenali Struktur Artikel

Tulisan yang baik adalah tulisan yang enak dibaca. Itu adalah prinsip utama yang harus anda pegang. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana membuat tulisan enak dibaca. Seperti mendengarkan sebuah lagu, ketika nada, irama, ketukan, dan suara tidak ada yang fals, maka lagu tersebut enak didengar. Begitu juga dengan tulisan. Tulisan memiliki irama dimana orang sering menyebutnya pembuka, isi, dan penutup.hal ini juga dikenal dengan struktur artikel. Anda harus belajar bagaimana cara membuat pembuka yang benar, bagaimana menulis isi sebuah tulisan yang berbobot, bagaimana membuat penutupnya sehingga orang tidak salah paham akan tulisan anda. Cara yang paling simpel adalah banyak membaca tulisan dan mempraktikannya. Jika ingin tulisan anda enak dibaca, anda sebaiknya menulis setiap hari. Dengan begitu, irama tulisan anda akan membaik seiring berjalannya waktu. Ketika anda sudah menyelesaikan suatu tulisan atau artikel, baca kembali artikel tersebut. Anda pasti akan menemukan kekurangan di dalamnya. Jangan malas membaca kembali artikel yang anda buat meski anda merasa artikelnya jelek. Dengan mengetahui kekurangan pada artikel anda, tulisan anda bisa lebih baik dikemudian hari.

Setelah Struktur Artikel Benar, Perbaiki Teknik Menulis

Setelah anda bisa membuat struktur artikel yang benar dan tulisan anda enak dibaca, hal selanjutnya yang harus diperbaiki adalah teknik. Banyak penulis yang tidak bisa mengetik sepuluh jari. Padahal mengetik sepuluh jari sangat bermanfaat untuk penulis. Kemampuan mengetik sepuluh jari bisa mempersingkat durasi pembuatan sebuah tulisan. Jika durasi anda pendek, anda bisa membuat banyak artikel dalam waktu singkat. Oleh karena itu, mulailah belajar untuk mengetik sepuluh jari. Ada banyak sekali sumber di dunia maya yang bisa anda manfaatkan. Jika butuh pembimbing, mitalah bantuan pada kenalan atau kerabat. Jika masih kurang bersemangat belajar mengetik sepuluh jari, ajaklah teman untuk turut serta belajar dengan anda. Memiliki teman belajar biasanya mampu mendorong semangat seseorang.Kesimpulannya, berprofesi sebagai penulis adalah hal yang menyenangkan. Anda memiliki profesi yang independen dan bisa mempengaruhi sudut pandang orang. Penghasilannya pun juga lumayan. Bagaimana? Masih meragukan profesi sebagai penulis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *