Yang Dimaksud dengan Tenaga Kerja Adalah

Yang dimaksud sebagai tenaga kerja adalah orang-orang atau penduduk suatu tempat yang sudah berada pada usia kerja.Dalam Undang-Undang juga disinggung tentang tenaga kerja ini.Pengertian tenaga kerja menurut Undang-Undang nomor 13 tahun 2013 yaitu pada BAB I pasal 1 ayat 2, dijelaskan bahwa tenaga kerja merupakan setiap orang yang dapat melakukan pekerjaan yang menghasilkan baik barang ataupun jasa.Jadi tenaga kerja merupakan orang-orang yang sudah berada pada usia bekerja dan dapat melakukan pekerjaan. Penduduk suatu negara sebetulnya dapat dibedakan menjadi 2 golongan yaitu penduduk golongan sebagai tenaga kerja dan penduduk bukan tenaga kerja. Yang dimaksud dengan penduduk pada golongan tenaga kerja adalah penduduk yang sudah memasuki usia untuk bekerja yaitu antara usia 15 tahun sampai dengan usia 16 tahun di Indonesia. Sedangkan untuk penduduk golongan bukan tenaga kerja adalah penduduk yang berada di luar usia bekerja yaitu anak-anak dan juga lansia.

Penjelasan Tenaga Kerja Adalah

Tenaga kerja biasanya bekerja untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri ataupun kebutuhan masyarakat.Disini tenaga kerja biasa bekerja pada suatu tempat dan berkumpul dengan mengenakan seragam kerja atau disebut dengan wearpack kerja. Pekerjaan yang diakukan pun beragam sesuai dengan job deskripsi masing-masing.Tenaga kerja adalahpenduduk yang mau bekerja, menerima permintaan kerja, dan sudah berada pada batasan usia untuk bekerja. Batasan untuk usia kerja di Indonesia adalah antara usia 15 tahun hingga usia 64 tahun. Jadi dapat disimpulkan bahwa anak-anak yang berada pada usia di bawah 15 tahun bukan merupakan golongan tenaga kerja begitu juga para lanjut usia di atas 64 tahun. Golongan inilah yang bisa dikatergorikan sebagai golongan penduduk bukan tenaga kerja.Orang-orang yang mau dan mampu bekerja pada antara usia terseut juga disebut sebagai tenaga kerja. Tenaga kerja pun masih bisa diklasifikasikan berdasarkan kategori-kategori pekerja yang cukup bervariasi mulai dari batas kerjanya serta kualitas pekerjanya.

Klasifiaksi Tenaga Kerja

Berikut ini adalah beberapa klasifikasi tenaga kerja yang bisa dibedakan berdasarkan pada kualitas pekerjanya sampai dengan batas kerjanya.

  1. Tenaga kerja Angkatan Kerja dan Bukan Angkatan Kerja

Yang dimaksud dengan Angkatan kerja adalah penduduk pada usia produktif yang sedang aktif mencari pekerjaan atau mereka yang memiliki pekerjaan akan tetapi sedang tidak bekerja sementara. Sedangkan untuk Bukan angkatan kerja adalah penduduk yang usianya berada di atas 10 tahun namun tidak bekerja dan memiliki kegiatan seperti sekolah, mengatur rumah tangga dan sebagainya seperti misalnya adalah siswa, mahasiswa, ibu rumah tangga, pengangguran hingga orang-orang yang memiliki keterbatasan.

  1. Tenaga Kerja Terdidik, Terlatih, serta tidak terdidik dan tidak terlatih

Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian atau keterampilan khusus yang mereka dapatkan dari bangku pendidikan baik formal ataupun non formal contohnya adalah mereka yang bekerja sebagai dokter, guru, dan sebagainya.Sedangkan untuk tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian atau keterampilan yang mereka dapatkan dari pengalaman kerja seperti misalnya saja ahli b bedah atau apoteker dan sebagainya.Dan untuk tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih tenaga kerja adalah yang megandalkan keuatan fisik atau tenaga untuk bisa bekerja seperti kuli bangunan, asisten rumah tangga, tukang cuci dan sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *